Selasa, 12 Februari 2013


Sebagai orang awam, apalagi seorang ibu mendengar berbagai istilah komputer, program, gadget terasa aneh sekali.   Namun, dunia sekarang adalah dunia yang penuh dengan teknologi.  Jika tak mau disebut ibu yang mengikuti zaman, saya harus ikut dalam arus pengetahuan teknologi.

Sulit begitu kata pertamanya.  Tapi dengan kemauan untuk belajar, tidak ada kata sulit. Dalam benak kita mendengar Cupcake, Donut, Ginberbread, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean?   Tentu kita langsung akan berpikir tentang makanan. Namun sekarang ini kita harus langsung ingat bahwa itu adalah istilah operation system (OS Andorid.

Berikut ini adalah pelajaran saya mengenai apa yang disebut Key LIme Pie, OS Android:

Andorid versi 1.5 (Cupcake):
Setelah merisil Android 1.1, Google kembali merilis ponsel dengan Android dan SDK (Software Development Kit) versi 1.5 (cupcake).  Salah satu kemampuan Android Cupcake adalah mampu merekam dan menonton video dan modus kamera serta menggungah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari ponsel.

Andorid versi 1.6 (Donut)

Android versi 1.6  atau dikenal dengan kode Donut ini mampu menampilkan proses pencairan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya dan penggunaan baterai indikator.

Andorid versi 2.0/2.1 (Enlair)
Beberapa perubahan yang dilakukan Eclair adalah pengotimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2 dan penambahan dukungan flash untuk kamera 3.2 MP

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yohgurt)
Foryo memiliki beberapa perubahan terhadap versi sebelumnya antarai lain dukungan Adobe Flash 10.1, pemasangan aplikasi dalam SD Card, keampuan Wi-FI Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Andorid Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)
Gingerbread memiliki kemampuan seperti fungsi copy paste dan dukungan kemampuan Near Field Communication.

Andorid versi 3.0/3.1 (honeycomb)
Andorid Honeycomb dirancang khusus untuk tablet . Honeycomb mendukung multiproseesor dan akselerasi perangkat keras untuk grafis.

Andorid versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich)
ICS membawa fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, mencari email secara offine dan berbagai informasi dengan menggunakan NFC.

Andorid versi 4.1 (Jelly Bean)
Jelly Bean mampu meningkatkan input keayborad dan design baru fiture pencarian. Kemampuan Google Now juga diperbarui sehingga mampu mengetahui informasi cuaca, lalu lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga.
Sistem operasi Andorid berikutnya,t entu berinisial  "K". Salah satu perusahaan teknologi Qualcomm scara tak sengaja merilis nama Key Lime Pie dalam materi presentasinya. Bayak yang meyakini Key Lime Pie adalah kode Andorid selanjutnya..

Sumber:  Kompas Klasika

0 komentar :

Posting Komentar